4 Maret 2010

Menghias Cup Cake

Aduh, maaffppp ni ya, bukannya mau sok ngajarin. Saya juga ga pinter2 amat menghias cup cake. Ini cuma berbagi pengalaman aja. Buat yang pemula, jadi tau mesti gimana. Buat yang udah canggih, lewatin aja postingan yang ini. Tapi boleh juga ga dilewatin, maksudnya nambahin ilmu gitu. Menurut pengalaman saya, menghias cup cake itu sebenernya kreatif-kreatifan aja sih. Kalo yang ga trlalu kreati kayak saya ini biasanya cuma pake butter cream atau pondant yang dicetak2 pake emboss. Kalo mreka yang kreatif tuh bisa bikin model2 lucu yang namanya seperti boneka, binatang, dll. Buat yang ga bisa kayak saya, jangan khawatir, manfaatkan cetakan aja, dan main di warna. Atau bisa juga kita kursus bikin figurin dulu barengan, hehehe.

Sebelum dihias, tutupi dulu cupcakenya pakai buttercream. Buttercream ini berfungsi untuk merekatkan pondant dan juga buat meratakan bentuk cupcake yang mungkin agak miring sdikit. Sesudah itu baru deh tutupin kuenya pake pndant. Pondant buat cover ini bisa polos, bisa juga dicetak pakai cetakan plastik. Baru deh dihias atasnya. Bisa pake butter cream, bisa pake pondant yang dibentuk hurup atau model2 lucu, atau campuran butter datu ponsant dengan macam2 springkle lucu. 
Kalo pake butter cream, bisa bikin model swirl (hasilnya kayak bunga mawar yang cantik). Pake aja spuit wilton nomor 1M. Kalo ga ada, bisa pake spuit bintang yang agak gede. Nantinya tergantung keterampilan memlintir spuit itu aja. Tapi jangan khawatir lah, kalo sering2 nyoba, ntar juga bisa kok bikin swirl  yang cantik. Kalo mau butternya cantik, mengkilap alias licin gitu, masukin dulu butter cream yang udah jadi ke dalam kulkas. kira2 satu jam kemudian, keluarin dan kocok lagi buttercreamnya sebentar. 

mau menghias pake pondant? lebih asik lagi. Ga trlalu dibutuhkan keahlian memlintiri (halah...bahasa apa sih) spuit. Beli aja pondant yang udah jadi (maaaf, saya blum bisa bikin pondant sendiri, hemat waktu, maklum wanita karier...PREEET!!!) Biasanya ada yang merk pondac (nulisnya bener ga ya, pokoknya kedengerannya gitu deh) atau merk bekel (nyebutnya kayak bola bekel gitu). Pondant ini tinggal kita bentuk sesuai keinginan dan kekreatifan itu tadi. Kalo saya paling pavorit model huruf atau angka. Tinggal gilas pondantnya, cetak pake cetakan hurup, langsung tempelin. Mudah dan praktis (halah, padahal emang males...hehehe). Kalo yang ditempelin gitu, gunakan sedikit (ingat lho se-di-kit) air matang.

Cup cake ini ditutup pondant dan dihias dengan pondant yang bentuk manual alias diplintiri (halah, basa apaan sih?)
Cup cake yang  ini ditutup pondant, trus ditempel pondant yang dihias membentuk hurup juga, tapi dengan cetakan. Nah kalo yang terakhir ini, yang seperti mawar itu lho, dihias dengan butter cream, lalu ditaburi springkle.