4 Maret 2010

Creamy Cup Cake

Posting foto kue ternyata dapt tanggapan dari tmen2 facebook. Ada yang nanya resep cup cake, rasanya udah pernah posting. begitu di cek ternyata ga ada resepnya, yang ada cuma cerita seputar cup cake....duuuh, saking semangatnya pamer foto cup cake, hahaha. Mumpung masih inget, saya posting disini. Sebenernya bikin cup cake itu bisa pake resep apa aja. Sponge cake bisa (resepnya mirip kayak black forrest itu)  tapi kayaknya kok terlalu lembut ya. Saya lebih suka pake resep butter cake, soalnya cup cakenya jadi lebih kokoh, mendekornya jadi mudah. Resep yang satu ini pavorit saya (resep lain menyusul ya...) soalnya ada susunya. Lumayan buat nambah2in asupan susu buat anak-anak.


Bahan:
200 gram mentega tawar 
150 gram gula pasir halus
6 butir kuning telur
200 gram tepung trigu
1 sendok teh baking powder
6 butir putih telur
1/4 sendok teh garam
30 gram maizena
50 ml susu cair


Cara Membuatnya:
  • Kocok putih telur bersama garam sampai kaku. Buat temen2 yang pemula (kayak saya), kaku itu artinya adonan udah ga tumpah kalo dibalikin baskomnya. Tapi kalo telurnya kurang seger, biasanya ada sisa kayak air di dasar adonan (cairan ini nantinya jangan dimasukin keadonan ya...) Kalo udah kaku, sisihkan dulu adonan ini.
  • Kocok mentega tawar sama gula pasir sampai lembut (biasanya kalo gula pasir udah larut, adonan udah lembut). Kalo udah lembuat, masukin telurnya satu persatu sambil terus dikocok.
  • Masukkan  sebagian tepung terigu yang sudah diayak bersama maizena, kedalam kocokan mentega. 
  • Masukkan maizena yang sudah dicampur dengan susu cair ke dalam adonan mentega.
  • Masukkan lagi sisa adonan terigu dan maizena ke dalam adonan  tadi sambil diaduk pelan.
  • Terakhir, masukkan putih telur, aduk adonan sampai tercampur rata. Udah gitu, tinggal tuang ke dalam papper cup, trus panggang.
 Catatan dikit nih buat yang baru nyoba:
Kalo ga ada gula pasir halus, pake gula pasir biasa gpp, cuma sedikit lebih lama mencairnya.
Susu cairnya saya pake susu kemasan kardus yang suka diminum anak-anak itu lho,(krn Arya minumnya susu Ultra, jadi saya pake merk itu), tapi yang warna putih lho ya.
PapperCupnya ga usah diolesin apa2. Langsung dituangin adonan, dan langsung dibakar bersama papper cupnya itu. Isinya jangan penuh2 ya, cukup 3/4 dari tinggi papper cupnya, biar ga luber, soalnya kan kuenya nanti mengembang. Biar gampang masukin adonannya, masukkin dulu ke kantong plastik segitiga, gunting ujungnya, baru disemprot ke masing2 papper cup. Kalo pake sendok suka belepetan.
Bolah juga dipanggang pake cetakan cup cake yang ada mangkok2nya itu lho, tapi jangan lupa diolesin mentega dulu ya. 
Kalo ovennya ada pengatur suhunya, bisa distel dengan suhu 175 derajat celcius.