17 Maret 2010

Buku Tua

Ini sebenernya buku catatan resep punya ibu saya almarhumah. Dulu kan internet belum ada, jadi ibu saya mencatatnya di buku yang ukurannya lebih gede dari buku biasa, yang segede majalah gitu. Sesudah saya mulai gede, saya ikutan menuhin buku itu dengan resep2 yang saya dapat dari majalah, lengkap dengan foto/gambarnya. Yang menarik dari buku ini adalah resep2 tua yang ditulis sendiri oleh ibu saya. Kebetulan ibu saya dan bude serta tante saya yang lain emang seneng masak wabilkhusus kue. Bude paling tua malah jago bikin lapis legit, yang bumbu spekoknya bikin sendiri. Lapis legit buatan bude ini dibakar pakai loyang dengan sumber pemanasan arang. Rasa kuenya mantap dan aromanya luar biasa. Lapis legit buatan bude ini dulu sangat dikenal di kalangan para pejabat tinggi.
Kembali ke buku. di dalam buku resep tua ini, ada kertas-kertas tipis yang berisi resep kuno. Di ketik dengan mesin ketik manual. Saya baru ngeh beberapa hari lalu (saat ngerapiin buku karna mau pindah rumah), ternyata tulisan yang diketik itu masih menggunakan ejaan lama dan.....istilah lama. Contohnya ada istilah di klop. Saya ga tau persis artinya, tapi kalau diamati mungkin artinya dikocok. Saya berencana mencoba resep itu satu persatu. 

Insyaallah nanti kalo udah dicoba, saya postingin lengkap dengan resepnya ya...
Dari buku itu, saya juga berencana nanya sama bude (mudah-mudahan beliau masih inget, soalnya udah tua dan sakit-sakitan) resep dan teknik bikin lapis legitnya. Tunggu postingannya ya....