4 Februari 2010

Cup Cake Pertama

Udah lamaaaaa banget, pengen bisa bikin cup cake. Tiap hari buka jadwal kursusnya NCC, nyari kapan waktu kursusnya yang saya bisa ikut. Tapi slalu aja ada kendalanya. Kalo hari kerja, ga bisa bolos. Hari sabtu, bentrok jadwal kuliah, hari minggu, slalu ada undangan resepsi. Akhirnya, berbekasl 2 buah buku tentang cupcakes, saya nekat bikin. Resep pertama yang dicoba adalah cup cake vanilla. Rasanya enak, soalnya Arya suka (barometer makanan di rumah adalah Arya, hehehe). Saya sndiri, udah enek duluan waktu bikin, ga bisa nyobain lagi. Pertama bikin stengah resep dulu. Ternyata, begitu kue dingin, cuma sisa 2 buah dari 10 buah yang dibuat. 8 buah lagi disikat Arya sama Shafira, hahaha. Atas permintaan Arya, malam itu juga bikin cup cake lagi. Kali ini bikin cup cake coklat. Rasanya? Kata Arya kayak black forest. Lagi, dari 10 buah cuma sisa 2. sebagian dimakan sebelum dihias, sebagian lagi dimakan sambil dihias, sebagiannya lagi dimakan begitu selesai dihias (liat deh foto Shafira yang menghias cupcake sambil  makan) Walah...laris manis. Saya kebagian menghias 3 buah. Karena peralatan terbatas, ya ala kadarnya. Spuit wilton no. 12 jadi andalan. Makanya bintang2nya guede-guede. Ada satu buah cup cake hasil karya Shafira (itu lho, yang menggunung dengan banyak pernak-perniknya) yang dipamer-pamerin ke ayahnya. Malah waktu ayah pulang langsung ditarik ke ruang makan, ditunjukkin, trus disuruh menilai mana yang paling bagus. Hasil penilaian: cupcake Shafira yang paling bagus   Ya deh....
Selesai dihias, cup cakenya ditaro di kotak cantik. Rencananya besok mau dibawa Shafira ke sekolahan. Tapi...pagi2 kok lumer pondantnya? Penasaran, nyampe kantor langsung buka internet. Cari tau knapa bisa meleleh. Ternyata itu bisa disebabkan terlalu lama kontak dengan tangan (nguleninnya kelamaan), bisa juga karna pewarnanya yang berdasar air (katanya para senior, mestinya pake pewarna buat coklat), bisa juga  karna suhu ruangan yang terlalu panas (kayaknya kue saya penyebabnya ini. soalnya rumah saya diperumahan, dengan posisi ditengah. Ga ada jendela selain di depan rumah. AC cuma satu2nya di kamar tidur). 
Kemaren sore coba bikin cup cake lagi. Kali ini nyobain bikin 'creamy cup cake'. Beberapa dimodifikasi dengan mencemplungkan (halah, istilahnya kok aneh) 2  buah coklat kancing di tengah cake. Tapi kata Arya rasanya aneh (saya bilang enak...manizzz). Kali ini udah ngerti dikit. Pondannya diperlakukan dengan halus (nguleninnya, maksudnya). Udah punya spuit wilton no. 21 (yang bintang kecil).  Kalo yang ada motifnya itu, saya gilas di atas cetakan coklat. Kalo yang warna warni ada hijau dan kuningnya itu, saya buat tali2 dulu, trus saya jejerin, baru digilas. Selesai dihias...langsung masuk kulkas...eh, ada satu yang langsung dibawa Shafira ke tempat les piano. Alhamdulillah, sedikit ada kemajuan...., buktinya, Kak Dian (guru Piano Shafira) sms, isinya: "Mama Fira, cup cakenya cantik sekali...saya suka. Makasih ya....."  Alhamdulillah........tuh contohnya, ditaro di kotak cupcakes yang dibeli di toko Edi mayestik beberapa hari lalu.