9 Februari 2010

Resep Dasar cake

Beberapa kali ikut kursus bikin cake, dan baca dari berbagai buku , saya perhatiin kok resepnya rada-rada mirip satu sama lainya. Bedanya cuma dipenambahan maizena, coklat bubuk atau bahan2 lainnya, tapi pada dasarnya sama (nah lo...bingung kan). Penasaran, saya coba cari tau dari berbagai buku dan sharing sama sesama pe-hobi kue, baru tau rahasianya. Ternyata, yang namanya cake itu ada resep dasarnya. 1 resep dasarnya. 
6 butir telur
120 gram gula
10 gram emulsifier
60 gram terigu
100 gram margarine (cairkan)
 ini resep dasarnya. resep standarnya. Perhatiin jumlah telurnya 6 butir. jumlah ini bisa dimanipulasi sesuai dengan keinginan kita. jumlah 6 butir telur artinya 6 kuning telur dan 6 putih telur. Jumlah semuanya 12 satuan. Membuat cake ekonomis atau yang super, angka 12 ini yang jadi patokan. Misal nih, kita mau bikin kue yang ekonomis, mau pakai 3 kuning telur aja, itu artinya jumlah putih telur yang dibutuhkan adalah 12-3 =9 putih telur. 3 kuning telur + 9 putih telur = 12.  Contoh lagi nih, kalau mau pakai 5 kuning telur, berarti kita padukan dengan 12-5 = 6 putih telur. Cake dengan lebih banyak putih telur tentunya tidak seenak cake dengan banyak kuning telur. Cake dengan banyak kuning telur biasanya lebih enak dan lebih lembut. Resep untuk cake dengan banyak kuning telur (cake spesial) juga berdasarkan perhitungan diatas. Misalnya kita mau menggunakan 10 kuning telur, berarti putih telur yang dibutuhkan adalah: 12 - 10 = 2 putih telur. Atau kita mau membuat cake yang lebiih enak lagi dengan menggunakan 12 kuning telur, berarti 12-12 = 0 putih telur alias tanpa putih telur.
Urusan telur beres, sekarang soal terigunya. Terigu yang jumlahnya 60 gram, bisa divariasi dengan coklat (kalau mau cake coklat). Tinggal sesuaikan jumlahnya. Misalnya kita menggunakan 20 gram coklat, maka jumlah terigu yang dibutuhkan adalah 60 - 20 = 40 gram terigu. 
Lalu, mentega. Kalau mau kue yang ekonomis, 100 gram mentega itu bisa aja menggunakan margarine seluruhnya. Tapi juga bisa menggunakan kombinasi 50 gram mentega dan 50 gram margarine (misal 50 gram wysman + 50 gram palmia). 
Lalu soal ukuran cake. untuk resep standar tadi, menggunakan loyang kotak ukuran 24x24 cm. Kalau menggunakan  loyang lebih besar tinggal sesuaikan resepnya. Misalnya mau menambah resep sebanyak sepertiganya, berarti telur yang ditambahkan 12 : 3 = 4 butir (komposisi kuning dan telurnya disesuaikan seperti cara sebelumnya), terigunya 60:3 = 20 gram, dan seterusnya.
Kombinasi lainnya bisa menyesuaikan, misal perasa strawberry, vanilly, pandan, bisa ditambahkan. Bisa juga dengan memberi topping setelah cake matang (durian, strawberry, bluberry, nanas, dll). Mudahkan? Jadi mulai skarang ga pake bingung lagi ya.....Selamat menghitung!