4 Februari 2010

Tahu Fantasi

Suka bingung buat bawain bekal anak-anak ke sekolah. Apalagi milih yang sehat plus enak. Tapi kudapan kali ini selain sehat juga banyak peminatnya. Tahu Fantasi bisa jadi pilihan (jangan tanya saya knapa namanya pake fantasi, yang jelas saya ga berfantasi apa2 waktu bikinnya:). Tahu ini rasanya enak. Dulu waktu ke kantor naik kreta api, saya slalu beli di stasiun buat suami, temen2 kantor dan anak-anak. Semuanya bilang 'enak'. Makanya disempetin kursus bikin tahu  ini (tmpat kursusnya deket rumah, jadi selesai masak dan beres2 di hari minggu, bisa kabur ke tmpat kursus)

Bahan-bahannya juga sederhana dan gampang nyarinya (tapi jangan nyari tanpa bawa duit ya, ga bakal dapet). Ini bahannya:  2 buah (kira-kira  beratnya 400 gram) tahu cina, dihancurkan. (boleh pake apa aja, saya sih pake alat alami, diremas-remas pake tangan, hihihi),  50 gram  wortel yang dipotong2 kotak kecil, 50 gram  tauge, 25 gram bawang merah yang diiris tipis, 25 gram daun bawang yang diiris tipis juga, 1 sdt bawang putih halus, 5 butir (250 cc) telur, 2 sdt garam, ,5 sdt bumbu masak, 1/2 sdt merica bubuk.
Dari resep diatas, saya ga pake bumbu masaknya, soalnya buat anak-anak. Kalo yang mau jualan kayaknya harus ya, biar trasa enaknya. Bisa juga ditambahin 1 sdm lemak ayam biar terasa lebiiiih gurih. Telur yang 250 cc itu boleh 5 butir telur utuh, boleh juga 2 butir kuning telur, sisanya putih telur  (pokoknya jumlah seluruhnya 250 cc ya....). Kalo saya pake telur utuh.
CARA MEMBUATNYA
Campur semua bahan jadi satu. Jangan lupa dicicipin ya, coalnya garam yang dipake kan beda2. Sementara itu siapin kukusan. Alasi loyang brownis dengan plastik (karna dandang saya kecil, jadi ga bisa pake cetakan  
brownis, ga muat. Jadi pake cetakan black fores yang mini. Tapi hasilnya malah cantik, segitiga kayak cake). Tuang adonan kedalam loyang . Jangan lupa ya bu, nuangnya kalo udah siap masuk ke dandang. Jangan kelamaan didiemin di loyang, nanti telurnya 'mandeg' dibawah. Jadi kalo dandangnya udah panas (airnya udah mendidih), baru dituang ke loyang, trus banting2 loyangnya (pelan2 aja, asal adonan rata. Langsung masukin loyangnya kedandang. Kukus sampai matang (cirinya, tahu udah mentul2 saat ditepuk). Kalo udah matang, keluarin dari loyang. potong2. Gulirkan tahu diatas tepung terigu sampai menutupi semua tahu, lalu masukkan ke dalam putih telur. Trus goreng di dalam minyak panas, jangan lama-lama, dan apinya keciiil aja, biar warnanya cantik. Setelah itu, siap2 dipuji suami dan anak-anak, hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar