21 Januari 2010

Oven Darurat

Saat ini kami sedang membangun rumah idaman yang sudah 90% selesai. Memiliki dapur yang sdikit lebih luas dengan perlengkapan yang memadai merupakan mimpi terbesar saya dalam hal membangun rumah ini. Jadi critanya, saat ini saya sedang mengupayakan mimpi saya itu. Salah satu pernik yang saya rencanakan adalah oven yang cantik. Tapi ampuuuun, harga oven yang bisa ditanam di kitchen set gila-gilaan. Kebanyakan menggunakan listrik yang besarannya sekitar 2000-an watt. Ada sih yang kecil, tapi saya pengen punya oven yang sedengan gedenya. Pengennya sih oven gas aja, karna kebetulan dilingkungan perumahan udah ada gas alamnya. Awalnya kepikiran beli oven gas merk golden star yang kata temen2 sih emang hasil pembakarannya bagus banget. Tapi setelah dipikir-pikir, kan ga bisa ditempelin di kitchen set. Lagian hawa panas dari oven ga memungkinakan buat ‘menanam’ oven itu jadi bagian dari kitchen set. Ya udah, sementara ngumpulin uang buat beli oven tanam (tapi udah nyiapin tempatnya dan udah ngincer merk tertentu), saya pake oven saya yang lama aja dulu, oven mickey mouse hasil tabungan saya saat kulilah dulu.

Jadi inget crita lalu deh….. Waktu dulu ga punya oven, tapi pengeeen banget bikin kue buat suami sekalian pengen pamer sama suami, kalo istrinya ini bisa bikin kue. Peralatan yang saya miliki waktu itu Cuma Loyang cake dari aluminium yang bolong bagian tengahnya, itupun minta punya ibu saya yg kebetulan punya beberapa Loyang yang sama. Mixer saya ga punya, Cuma ada kocokan tangan yang bentuknya seperti spiral dan diatasnya ada pegangan dari kayu. Buat memenuhi hasrat ‘bikin kue’ yang menggebu-gebu itu, saya mesti muter otak sementara tabungan buat beli oven belum terkumpul. Kebetulan di belakang rumah kontrakan kami ada panci aluminium gede (kayak dandang gitu) yang ditinggalin sama penghuni sebelumnya karna bocor. Panci yang udah dipenuhi debu dan sebagian tanah itu saya cuci sampai bersih. Tadinya sempet terpikir menggunakan pasir buat mengurangi hawa panas kompor (kompor minya lho….), tapi berhubung pasir nggak ada aias mesti beli, saya pecahin beberapa genteng (genteng cadangan lho, bukan mretelin dari atap) . Genteng itu juga saya cuci bersih (waktu itu saya sikat pake pake sikat baju), trus saya susun didasar panci. Hasil kuenya? Buaguuus banget. Suamipun dengan bangga ngundang temen main ke kontrakan kami buat nyicipin kue. Oven darurat ini menemani saya selama kurang lebih dua tahun. Tapi ya itu…Cuma bisa buat manggang bolu-boluan, ga bisa buat kue kering. Tapi lumayanlah. Kalo skarang ngeliat berbagai macem oven yang ada dirumah (ada oven tangkring, ada oven microwave, oven listrik juga ada), suka trharu kalo inget oven darurat saya. So….buat temen-temen yang blum punya oven, jangan kecil hati ya….masak truuuusss….!!!!MERDEKA!!! *halah!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar