1 Juni 2010

CUP


Sekarang ini hampir semua resep kue menggunakan ukuran berat seperti kilo, gram, ons. Padahal dulu ibu saya bikin kue bahan-bahannya ditakar dengan menggunakan gelas belimbang (gelas kaca yang bagian bawahnya menyerupai bentuk belimbing, paahal ga mirip2 banget sih). Saat berburu resep baru, kadang kita nemuin resep kue yang diukur pakai satuan cup. Beberapa resep pavorit saya ada yang menggunakan ukuran cup. contohnya pennylane's brownies yang yummy itu. Pengen sih nyoba ngukur takaran resep ini pakai timbangan, tapi males, enakan pakai cup karna praktis.  Buat temen-temen yang belum  'ngeh' bentuknya cup takaran itu, ini saya tampilkan kenampakannya. Sebenernya sih ada beberapa macam jenis. Ada yang trbuat dari stainless, ada yang mika, ada juga yang bahannya plastik seperti yang saya punya ini. Kalau dari segi harga, yang plastik ini harganya yang paling murah. Cuma sekitar sepuluh ribuan. Tapi meskiun harganya murah bukan berarti ukurannya ga akurat lho. Cup ini sendiri udah puluhan kali saya pakai dan hasil cake yang saya buat alhamdulillah cakep semua. Dimana beinya? di toko2 bahan kue biasanya ada. Kalo saya kebetulan 'nemu' Cup ini di acd hardware bekasi. Cup ini murah, tapi simpel, bisa dilepas satu prsatu kalau mau digunakan, dan digabung lagi kalau sudah selesai dipakai. Bersihinnya juga mudah, dan insyaallah awet asal perawatannya baik, misalnya setelah dipakai segera dicuci, dikeringkan dan disimpan (saya biasa menyimpan perabotan yang sudah bersih dengan cara membungkus dengan plastik cling wrap,  jadi meskipun lama ga dipakai tetap bersih).
Nag, ini kenampakan yang lebih jelasnya ya. Bisa keliatan ukuran cupnya. Ada yang 1 cup, 1/2 cup, 2/3 cup sampai 1/4 cup. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar