20 Juni 2010

Kursus Cake Internasional 2

Ini sebenarnya kursus pertama kali di NCC, tapi berhubung fotonya baru ketemu sekarang, jadi baru di postingin nih. Gpp ya, moga2 critanya ga basi.

seperti biasanya aja,  selalu memutuskan ikutan kursus di detik2 terakhir. Begitu ada kesempatan kursus, buru2 daftar, ga dimana2, gaya saya ya bgitu itu. kursus yang ini juga bgitu, menyadari ada waktu buat kursus, buru2 telpon ke Titan buat daftar. Sama m bak2 yang di Titan disuruh telp langsung ke penyelenggaranya (mba Desi Anwar dari NCC). Hore...ternyata masih bisa ikutan, ya udah, meluncurlah ke jalan fatmawati ditmenin bidadari saya yang cantik Shafira. Bgitu kursus dimulai, baru ngeh kalo ini kursus cake internasional yang kedua. hehehe, gpp lah, yang penting hasrat kursus tersalurkan.  Diajarin berbagai macam resep cake seperti strowberry cheese cake, socher torte, devil chocolate, dll (maaafffppp...lupa). Yang paling mengasyikkan dari kursus ini adalah trik2 dalam menghias cakenya. Sebut aja salah satu cake yang ada digambar ini, bikinnya rada unik, karena pake acara ng-las segala. Beneran, itu cover cake di disemprot pake semburan api mirip tukang las. Cara ngelasnya juga harus pake perasaan, supaya warna yang di dapet cantik, dan meringue yang dijadiin cover ga gosong, krn kalo gosong jadi pahit rasanya.  Dari gambar diatas, bisa diliat salah satu peserta yang 'ngelas' cake, dan Shafira saya yang asyik menggarnis.
Hal lain yang menarik buat saya adalah cara bikin ganache, ternyata simpel banget, cuma ngetim whipped cream sama coklat, trus di mikser, simpan dikulkas. Cake noughat juga ga kalah serunya. Maksudnya, seru karena sambil nempelin noughat (mirip ting-ting kacang yang digeprek) ke kue, sambil masukin ke dalam mulut. Dan kayaknya yang nempel di kue kalah banyak sama yang masuk mulut, huehehehe.....
Di kursus ini, saya ngasih kesempatan Shafira buat berkreatifitas. Gadis kecil saya ini emang bakat bikin cake juga. Karena hasil akhir cake yang di garnis Shafira ga kalah sama peserta lain yang semuanya dewasa. Ternyata nih, waktu saya nyoba bikin cake ini dirumah, ananda saya itu malah lebih faham dan menguasai tekhnik pembuatannya daripada saya yang sebentar2 liat catatan. Good girl. Ga sia2 ngajak Shafira baking dari bayi....
ini kenampakan kue yang 'dilas' itu.

kalo ini, death by chocolate, yang bener2 bikin penikmatnya mati karena keenakan makan coklat. Rasanya itu lho....brasa banget coklatnya membelai lidah. Lembutnya socher tarte juga bikin merem melek. Pokoknya, buat penggemar coklat, siap2 melayang deh.